Ketua Umum PPP Periode 2011-2016 | Suryadharma Ali

Suryadharma Ali Kembali Terpilih Menjadi Ketum PPP - Suryadharma Ali Pemenang Muktamar PPP 2011 sekaligus Suryadharma Ali Kembali Pimpin PPP. Acara Muktamar VII Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mencapai puncak, dengan terpilihnya kembali Suryadharma Ali sebagai Ketua Umum PPP periode 2011-2016. Suryadharma menang dengan perolehan 859 suara, mengalahkan Akhmad Muqowam (281 suara) dan Ahmad Yani (39 suara).

"Memutuskan dan menetapkan Suryadharma Ali sebagai ketua umum DPP PPP periode 2011-2016 sekaligus sebagai ketua formatur. Ketetapannya berlaku sejak ditetapkan," kata pemimpin sidang, Hasrul Azwar, membacakan hasil sidang paripurna pemilihan ketua umum, Rabu 6 Juli 2011.

Sidang pemilihan ketua umum dalam rangka Muktamar VII PPP digelar di Hotel Panghegar, Bandung, 5-6 Juli 2011. Jumlah suara yang diperebutkan sebanyak 1.184, terbagi ke dalam 33 Dewan Pimpinan Wilayah, 497 Dewan Pimpinan Cabang, dan perwakilan daerah.

Jumlah suara sah sebanyak 1.179 suara, abstain 1 suara, dan suara tidak sah/batal sebanyak 4 suara. Sidang paripurna pemilihan ketua umum dipimpin oleh Hasrul, bersama Irgan Chairul Mahfiz, Rahman Yakub, dan Arwani Thomafi.

Suryadharma menyambut kemenangannya dengan kegembiraan. Mengenakan batik berwarna hijau dan berpeci hitam, Suryadharma disambut meriah oleh para peserta muktamar, khususnya para pendukungnya. “Keterpilihan saya ini tidak lepas dari penghargaan yang saudara-saudara berikan kepada saya. Ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa,” kata dia.

Suryadharma menyampaikan rasa terima kasih kepada para pendukung yang setia memberikan suara kepadanya. Ia yakin para peserta Muktamar PPP memilihnya kembali dengan harapan agar PPP bisa lebih baik dan lebih besar di masa yang akan datang. “Saya berjanji akan bekerja lebih keras lagi untuk merebut masa depan partai yang lebih gemilang lagi,” ujarnya.

Tak lupa Suryadharma juga mengucapkan rasa terima kasih kepada rekan sekaligus rivalnya dalam ajang pemilihan ketua umum, yakni Akhmad Muqowam dan Ahmad Yani. “Terima kasih karena telah memanfaatkan demokrasi yang berkembang di dalam PPP,” kata dia.

Ucapan terima kasih Suryadharma itu pun langsung disambut hangat oleh Ahmad Yani, yang menghampirinya ke atas panggung, menyalami, dan merangkulnya. Sedangkan Muqowam, sejak tahapan akhir penghitungan suara hingga penetapan hasil sidang, tidak menampakkan batang hidungnya.

Suryadharma berpesan, kemenangannya harus ditindaklanjuti dengan kerja keras dari seluruh kader PPP dan dilakukan secara bersama-sama . “Bersama anda semua Insya Allah kita semua akan menapaki kemenangan dan kebaikan,” ujarnya. “Dan tentu menempatkan PPP menjadi partai yang dicintai masyarakat dan partisipasinya dalam kepemimpinan bangsa dan negara.”