Kesuksesan Tidak Selalu Menular

Kesuksesan bukan sesuatu yang menular. Penelitian terbaru justru menunjukkan bahwa melihat kesuksesan orang lain justru membuat kita tidak termotivasi untuk berhasil. Grainne Fitzsimons dari Duke University menjelaskannya dalam penelitiannya yang dipublikasikan Journal of Experimental Social Psychology.

Penelitian ini mengubah cara pandang kita akan kesuksesan orang lain, terutama di lingkungan kerja. Jika ada karyawan yang sukses dan menunjukkan kinerja yang baik, hal itu justru membuat rekan-rekan kerjanya yang lain jadi tidak termotivasi untuk jadi baik.

Peneliti melakukan studi dengan membagi kelompok menjadi empat tim. Tim pertama harus main teka-teki silang dan dirancang untuk berhasil memecahkannya, dan tim kedua mengamati permainan yang berhasil tersebut. Sedangkan tim ketiga memainkan permainan yang sama, namun gagal.



Dan tim keempat mengamati permainan yang gagal itu. Setelah itu kedua tim pengamat diminta menyelesaikan teka-teki mereka sendiri. Semua proses itu direkam kamera, dan hasilnya menunjukkan bahwa tim yang melihat keberhasilan ternyata cenderung gagal dalam menyelesaikan permainan, ketimbang tim yang melihat kegagalan.

“Kita cenderung tidak berusaha banyak jika telah melihat orang lain berhasil,” ujar peneliti, Kathleen McCulloch dari Idaho State University.

"Sebaliknya jika kita melihat orang lain gagal, keinginan kita untuk berhasil jadi lebih besar. Sehingga kita cenderung berusaha lebih keras,” tambahnya.







Dari berbagai sumber