Makanan Yang Harus Dihindari Wanita Saat Hamil

Saat hamil Ibu Hamil harus tahu makanan apa saja yang tidak boleh dimakan saat mengandung apalagi hamil anak pertama, inilah makanan yang tidak boleh dimakan harus dihindari oleh Ibu Hamil

Alkohol dan Kafein
Keduanya memang bisa dianggap barang “haram” buat para ibu hamil. Yang menjadi masalah, alkohol dan kafein mencegah penyerapan asam folik dan zat besi yang sangat penting untuk kehamilan. Sebaliknya, keduanya juga bertanggung jawab menyedot kalsium dari tulang ibu hamil. Belum lagi, efek buruknya terhadap janin yang bisa berakibat panjang.

Aditif (zat penambah)
Banyak makananterutama yang sudah diproses mengandung pengawet, penyedap, pewarna, dan bahkan hormone dan antibiotic. Kebanyakan aditif aman dikonsumsi saat hamil dan buktinya banyak ibu hamil tidak merubah dietnya dan tetap makan aditif. Tapi ada yang mesti diwaspadai, yaitu :

1. Monosodium glutamate (MSG) atau vetsin.
Zat pewarna khususnya yang blue 1, blue 2, green 3, red 3, dan yellow 6 Olestra karena belum ditest secara memadai sehingga khawatir dapat berbahaya buat ibu hamil. Sakarin dinilai kurang aman untuk kehamilan Tambahan lemak, zat lemak yang ditambahkan untuk makanan.

2. Makanan yang tidak dipasteurisasi
Pasteurisasi menghilangkan bakteri dari makanan. Kebanyakan susu dan yoghurt di toko makanan sudah dipasteurisasi. Tapi banyak juga yang tidak dipasteurisasi seperti jus buah segar di kantin pinggir jalan atau keju dari susu mentah.

Sea Food
Ikan sehat untuk dimakan, tetapi ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya dihindari :
• Kerang-kerangan karena mengandung bakteri.
• Hiu, mackerel mungkin mengandung merkuri Ikan yang ditangkap sendiri juga harus diwaspadai
• Sushi dan sashimi

Daging mentah dan telur
Daging mentah dan telur beresiko dikonsumsi saat hamil. Jadi jauhilah telur orak-arik dan telur setengah matang. Daging yang diawetkan dengan nitrit, daging dan ikan asap, serta salami juga mesti dihindari.

Waspada makanan kalengan
Waspadai makanan kalengan dan kardusan yang kelihatan sudah terlalu lama, atau rusak kemasannya.




Semoga bermanfaat..