Jumat, 03 Juni 2011

Tips Melahirkan Lancar dan Normal

melahirkan


Bagaimanakah agar menjelang kelahiran nanti kita dapat melahirkan dengan lancar tanpa masalah secara normal.

berikut ini adalah rangkuman tips agar melahirkan lancar dan normal tanpa gangguan yang kami temui di google.

1. Banyak jalan kaki
Siapapun yang saya temui selalu menasehati akan hal ini. Dokter pun juga menyarankan untuk sering-sering jalan kaki. Kalau kata bu dokter (Dokter saya dr. Mutia Prayanti Erufana SpoG), jalan kaki akan mempercepat pembukaan.

2. Sering ngepel pakai tangan(kaya di film inem itu)
Adik ipar saya yang istrinya sudah melahirkan menyarankan hal ini, katanya gerakan ngepel lantai bikin posisi dedenya bagus dan memperlancar kelahiran. Ngepelnya yang nungging-nungging itu loh, bukan pakai alat pel. Ibu saya pun juga menasehati hal yang sama. Saya sendiri juga sudah membuktikan ketika kehamilan 28 minggu posisi si dede melintang, nah selain sering sujud seperti yang disarankan bu dokter, saya juga sering ngepel lantai. Alhamdulillah posisi dede jadi normal, kepalanya turun ke bawah dan ngga melintang lagi.

3. Berhubungan suami istri (dua minggu sekali)
Hehehe.. ngga ada maksud vulgar loh, tapi ini yang disarankan bu dokter. Katanya sperma mempunyai hormon yang dapat melunakkan jalan lahir menjadi lentur. Teman suami yang baru melahirkan Desember kemarin pun mengatakan hal yag sama, istrinya sendiri sudah membuktikan kalau kelahirannya jadi lebih lancar. Tapi ini harus konsultasi sama dokter ya, karena sperma juga bisa menyebabkan kontraksi. Jika kandungan lemah dan kondisi ibu tidak sehat dikhawatirkan akan terjadi kelahiran prematur.

4. Minum minyak kelapa (bisa diganti dengan VCO)
Ini saran dari para orang tua nih. Walaupun secara medis khasiat minum minyak kelapa belum terbukti. tapi berdasarkan pengalaman ibu saya ketika melahirkan, prosesnya menjadi lebih lancar katanya. Saya sendiri mengganti minyak kelapa dengan VCO(Virgin Coconut Oil).

Beli di Giant seharga Rp.25.ooo,- pas pertama nyobain wuih... rasanya bikin eneg dan akibatnya fatal karena saya habis makan. Tips kalau mau minum minyak kelapa/ VCO sebaiknya janga sesudah makan. Kalau ngga tahan rasanya, bisa bikin eneg. Sebaiknya minum VCO ketika perut masih agak kosong, jadi kalaupun eneg tidak ada makanan yang keluar.

5. Banyakin makan daun melinjo/daun kangkung
Karena dau melinjo dan kangkung mengandung minyak (iya ngga sih?) orang tua dan tante sering nyaranin untuk banyak-banyak makannya. Kalau dimasak memang seperti mengeluarkan minyak gitu, tapi sekali lagi belum ada bukti klinis mengenai hal ini.

Tapi karena saya pecinta kangkung dan sayuran hijau, ya saya enjoy aja makannya. Jangan lupa kalau mau masak kangkung atau sayuran apapun nyucinya harus bersih ya.

6. Berenang
Nanya-nanya ke bu dokter katanya berenang bagus untuk ibu hamil. Walaupun tidak ada hubungannya dengan jalan lahir tapi menurut pengalaman yang saya rasakan, dengan berenang tubuh menjadi lebih fit, tidak mudah lelah. Selain itu berenang juga melatih pernapasan.

Saya sendiri pun ngga gampang ngos- ngosan walaupun sering jalan jauh. Sepertinya ini baik juga untuk melatih supaya kita bisa mengejan panjang ketika melahirkan nanti. Perasaan malas memang sering datang kalau ingin berenang, apalagi kalau tempatnya jauh. Ada sebuah tempat yang saya rekomendasikan untuk berenang.





Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar