5 CARA PREDIKSI HIPERTENSI DALAM KEHAMILAN

Hingga saat ini hipertensi dalam kehamilan masih merupakan salah satu penyebab morbiditas dan mortalitas pada ibu dan janinnva. Upaya pencegahan terhadap penyakit ini dengan sendirinya akan menurunkan angka morbiditas dan mortalitas tersebut.

Untuk itu diperlukan bukan hanya pengetahuan mengenai patofsiologi tetapi juga cara- cara deteksi dini dan cara intervensi terhadap perubahan yang terjadi dalam proses penyakit tersebut.

Perlu dibedakan antara prediksi dan deteksi dini penyakit. Prediksi lebih awal dari deteksi dini yakni sebelum tanda atau gejala penyakit ditemukan. Deteksi dini berusaha menemukan kelainan awal penyakit yang bila dibiarkan akan berlanjut, namun batas antara prediksi dan deteksi dini kadang-kadang tidak jelas.

Gejala- gejala preeklampsia baru menjadi nyata pada usia kehamilan yang lanjut (trimester ketiga). Namun sebenarnya kelainan sudah terjadi jauh lebih dini yakni pada usia kehamilan antara 8 dan 18 minggu. Tes yang ideal untuk deteksi dini preeklampsia harus sederhana, mudah dikerjakan, tidak memakan waktu lama, non invasif, sensitivitasnya tinggi dan mempunyai nilai prediksi positif yang tinggi.

Inilah 5 Cara Prediksi Hipertensi dalam Kehamilan
Lebih dari 100 jenis pemeriksaan klinik, biofisik dan biokimia telah diajukan untuk mendeteksi terjadinya preeklampsia. Beberapa cara prediksi yang ada dapat digolongkan sebagai berikut :

• 1. Pemeriksaan baku pada perawatan antenatal

• 2. Pemeriksaan sistem vaskuler

• 3. Pemeriksaan biokimia

• 4. Pemeriksaan hematologi

• 5. Ultrasonografi

Telah dibahas mengenai beberapa cara pemeriksaan yang dapat dipakai untuk prediksi hipertensi dalam kehamilan. Tidak semua cara tersebut dapat dilakukan sebab berkaitan dengan biaya, tersedianya alat dan bahan serta tenaga yang terlatih.

Tes tidur miring (roll over test) merupakan salah satu cara prediksi yang sederhana, tidak membutuhkan biaya yang tinggi, dapat dilakukan oleh tenaga medis/paramedis, dan tidak membutuhkan alat yang canggih. Maka dapat dipertimbangkan penggunaan tes ini sebagai salah satu cara prediksi hipertensi dalam kehamilan pada pusat pelayanan kesehatan di perifer.








Semoga ini bermanfaat