Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok


Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok - Inilah Perawatan Alami Mengurangi Rambut Rontok anda. Bangun tidur disambut dengan bantal yang penuh rambut rontok? Rambut rontok yang berlebih ternyata bisa jadi penyakit. Lakukanlah perawatan yang tepat pada kulit kepala agar rontok berkurang.

Dr Ritu Mathur, spesialis rambut, menjelaskan bahwa mengatasi rambut rontok dengan cara alami tidak bisa mencegah kerontokan rambut tetapi hanya mengendalikannya. Berikut adalah beberapa solusi alami yang direkomendasikan oleh Dr Mathur untuk mencegah rambut rontok, seperti dikutip Idiva.

1. Makan dengan benar
"Jika tubuh tidak mendapatkan nutrisi cukup, rambut akan menjadi lemah, yang menyebabkan kerontokan," tambah Dr Mathur. Diet sehat dan seimbang adalah langkah awal mencukupi nutrisi pada rambut.

Rekomendasi pertamanya adalah kedelai. Kedelai dapat memberikan zat besi dan vitamin E pada rambut. "Zat besi sangat penting untuk hemoglobin membawa oksigen ke kulit kepala. Rambut tidak dapat tumbuh tanpa sirkulasi ini. Vitamin E membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala," ujarnya.

"Zinc yang didapat dari buncis berguna untuk penyerapan banyak vitamin. Kekurangan Zinc dapat menyebabkan ketombe dan menyebabkan rambut rontok," jelas Dr Mathur. Berikut makanan yang mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan kulit kepala. Almond mengandung protein nabati, ikan memberi omega 3 asam lemak, dan jeruk memberikan vitamin C yang membantu penyerapan kolagen.

2. Pijat kulit kepala
"Memijat kulit kepala selama beberapa menit setiap hari akan menstimulasi aliran darah ke kulit kepala," kata Dr Mathur. Memijat juga dapat merangsang pertumbuhan rambut kecil karena aliran darah pada kulit kepala akan lancar.

Tidak lupa gunakan minyak alami saat memijat kulit kepala. Minyak kelapa murni dapat mengontrol rambut rontok sampai batas tertentu. Minyak lainnya yang dapat digunakan adalah minyak almond, minyak lavender dan minyak jojoba. Minyak tersebut merangsang kulit kepala. "Minyak Jojoba sangat baik karena menggantikan sebum di kulit kepala dan juga mengontrol ketombe," kata Dr Mathur.

Menggunakan produk Aloe Vera merupakan cara lain untuk mengendalikan rambut rontok. "Aloe Vera menyeimbangkan tingkat pH dan membersihkan pori-pori pada kulit kepala." jelas Dr.Mathur.

Dr Mathur merekomendasikan Henna karena merupakan conditioner alami untuk rambut. Produk ini akan membuat rambut terlihat sehat. Menggunakan kondisioner alami seperti dadih telur pada rambut juga dapat memperkuat rambut.

3. Detoksifikasi
Pola makan atau gaya hidup yang tidak sehat akan menambah racun dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan rambut rontok. Ubah pola makan Anda untuk mendapatkan rambut, kulit dan tubuh yang lebih sehat.

"Minum banyak air dan konsumsi vitamin dan mineral. Rambut adalah bagian pertama dari tubuh Anda yang akan menunjukkan tanda-tanda jika ada yang salah dengan tubuh Anda," jelas Dr Mathur.

Jika rambut rontok terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter. "Jika Anda kehilangan lebih dari 100-150 helai rambut setiap hari, bisa jadi karena penyakit," jelas Dr Mathur.

4. Berolahraga
Anda perlu memberikan sirkulasi pada darah Anda dengan cara berolahraga. Selain tubuh Anda tetap fit dan langsing, olahraga memberikan kontribusi bagi kesehatan rambut Anda.

Itulah dia artikel tentang Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok. Semoga bermanfaat buat anda yang membacanya.


Sumber: wolipop




Baca Juga: Dampak Bahaya Implan Payudara