10 Masjid Tertua Di Dunia

Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar/surau. Selain tempat ibadah masjid jg merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah & belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dlm sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dlm aktivitas sosial kemasyarakatan.

1. Quba mosque


Dibangun: th 622
Lokasi: Madinah
Negara: Arab saudi

Masjid quba di lingkungan terpencil madinah di arab saudi, merupakan masjid tertua di dunia. Batu pertamanya yg diposisikan oleh nabi islam muhammad pada emigrasi dari kota mekah ke madinah & masjid ini selesai dgn temannya. Muhammad menghabiskan lebih dari 20 malam di masjid berdoa qasr (sebuah doa pendek) sambil menunggu ali yg rumahnya di belakang masjid ini.

2. Masjid al-Nabawi


Dibangun : Th 622
Lokasi: Madinah
Negara: Arab saudi

Masjid al nabawi, yg sering disebut masjid nabi adalah sebuah masjid yg terletak di kota madinah. Sebagai tempat peristirahatan terakhir islam nabi muhammad, itu dianggap tempat paling suci kedua dlm islam oleh umat islam. Masjid ini berada di bawah kendali penjaga dua masjid suci.

3. Masjid al-Qiblatain


Dibangun: th 623
Lokasi: Madinah
Negara: Arab saudi

Masjid al-qiblatain (masjid dua qiblas) adalah sebuah masjid di madinah yg secara historis penting bagi umat islam sebagai tempat dimana nabi muhammad, memimpin doa, dikatakan tlh diperintahkan untuk mengubah arah shalat (kiblat) dari yerusalem ke mekah. Jadi unik yg terdapat relung doa dua (mihrabs). Baru'' ini masjid tersebut direnovasi, menghapus niche doa tua menghadap ke yerusalem & meninggalkan satu menghadap mekah.

4. Jawatha Mosque


Dibangun: th 629
Lokasi: Al kilabiyah
Negara: Arab saudi

Jawatha mosque terletak di desa al- kilabiyah, sekitar 12km timur laut hofuf, al-ahsa, arab saudi. Itu adalah awal masjid yang dibangun di arabia timur & sebagian besar struktur asli di reruntuhan. Tempat ini masih digunakan untuk doa.

5. Masjid Al-Haram

Dibangun: th 638
Lokasi: Mekkah
Negara : Arab saudi

Masjid al-haram merupakan salah satu masjid terbesar di dunia. Terletak di kota mekah, itu mengelilingi ka'bah, tempat yang gilirannya umat islam di seluruh dunia untuk sementara menawarkan doa-doa sehari-hari dan merupakan tempat suci islam. Masjid ini jg dikenal sebagai masjid agung.

6. Great Mosque of Kufa


Dibangun: th 639
Lokasi: Kufa
Negara: Irak

Masjid agung kufah (masjid Al-kufah/Al-azam) terletak di kufah, irak, merupakan salah satu masjid paling awal dalam islam. Dibangun pada abad ke-7, berisi sisa-sisa muslim ibn 'aqil - sepupu pertama dari husain bin' ali, rekan hani nya ibn 'urwa, dan mukhtar al-thaqafī revolusioner.

7. Mosque of Uqba


Dibangun: th 670
Lokasi: Kairouan
Negara: Tunisia

Masjid uqba, juga dikenal sebagai masjid agung kairouan, merupakan salah satu masjid paling penting di tunisia, terletak di kota warisan dunia unesco kairouan.

8. Imam Hussain Mosque


Dibangun: th 680
Lokasi: Karbala
Negara: Irak

Adalah sebuah tempat suci syiah islam di kota karbala, irak. Ia berdiri di lokasi makam ali, cucu kedua muhammad, dekat tempat di mana ia terbunuh selama pertempuran karbala pada 680 masehi makam husain bin 'ali bin husain adalah salah satu tempat suci untuk shi 'sebagai luar mekah dan madinah, dan banyak berziarah ke situs. Setiap tahun, jutaan peziarah mengunjungi kota untuk mengamati 'asyura, yang menandai ulang tahun husain bin' ali kematian.

9. Masjid Al-Aqsa Mosque

Dibangun: th 705
Lokasi: Jerusalem
Negara: jerusalem

Masjid al-aqsa, adalah tempat suci islam di kota lama yerusalem. Tempat yg termasuk masjid (bersama dgn kubah batu), juga disebut sebagai al-haram ash-sharif atau "suci noble sanctuary", adalah temple mount, situs paling suci dlm yudaisme, tempat di mana pertama & kedua candi yg berlaku umum untuk memiliki berdiri. Muslim percaya bahwa muhammad adalah diangkut dari masjidilharam di mekah ke al- aqsa selama perjalanan malam. Tradisi islam menyatakan bahwa muhammad memimpin doa terhadap situs ini sampai bulan ketujuh belas setelah emigrasi, ketika tuhan mengarahkan dia untuk mengubah arah kabah

10. Masjid Al-Zaytuna Mosque


Dibangun: th 709
Lokasi: Tunis
Negara: Tunisia

Masjid al-zaytuna adalah sebuah masjid besar di tunis, dekat pantai utara afrika.