10 Tips Tetap Cantik Dan Segar Dalam Cuaca Panas

Akhir-akhir ini cuaca semakin tidak menentu. Siang hari, suhu udara yang tinggi membuat terik matahari serasa menusuk sampai tulang. Sedangkan, di sore hari dan malam terkadang turun hujan.
Lalu, bagaimana cara mengakali cuaca panas di siang hari? Berikut triknya seperti yang telah dikutip oleh laman ''Times of India''.

1. Terapi air

Selama musim panas, tubuh akan kehilangan banyak cairan melalui keringat. Itulah sebabnya minum air menjadi sangat penting untuk menghindari dehidrasi. Jika Anda biasanya minum 8 gelas air setiap harinya, tingkatkan menjadi 12 gelas. Hal ini termasuk air dalam jus atau minuman lainnya.

2. Konsumsi buah

Konsumsi buah seperti semangka, jeruk, nenas, pir, dan buah lainnya yang mengandung banyak air. Minumlah segelas jus buah setiap pagi. Anda juga dapat membawa salad buah ke tempat kerja Anda, dan makanlah sebagai camilan di sore hari. Ini membantu Anda mendapatkan banyak nutrisi dari buah-buahan tersebut.


3. Kenakan pakaian menyerap keringat

Kesalahan terbesar Anda pada musim panas adalah memakai pakaian yang ketat dan tebal atau berbahan sintesis. Tidak hanya membuat Anda tidak nyaman, pakaian tersebut juga dapat menyebabkan biang keringat dan iritasi pada kulit. Jadi, kenakan pakaian berwarna putih atau pakaian yang berbahan katun.

4. Bergaya dengan rambut pendek

Sekarang adalah waktunya mengubah penampilan rambut Anda. Semakin pendek semakin baik. Namun, jika tidak ingin kehilangan penampilan feminin Anda, ikat rambut Anda sehingga tidak menempel pada leher. Untuk menjaga kesehatan rambut Anda selama musim panas, gunakan sampo yang mengandung menthol sehingga Anda merasakan sensasi dingin.

5. Konsumsi sayur

Hindari makanan yang digoreng dan makanan berat yang memerlukan waktu yang lama untuk dicerna. Sebagai penggantinya, konsumsilah salad yang terdiri dari tomat, mentimun, bayam, selada, dan kacang-kacangan. Tambahkan dengan minyak zaitun. Anda juga dapat menikmati sandwich sayur.

6. Gunakan tabir surya

Gunakan tabir surya setengah jam sebelum pergi keluar, gunakan kembali setiap tiga jam atau lebih. Gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau SPF 30 jika Anda berada di luar ruangan dalam waktu yang lama. Pilih tabir surya yang cocok dengan kulit Anda. Contohnya, jika Anda memiliki kulit berminyak pilih tabir surya yang bebas minyak. Untuk wanita bekerja, kombinasi antara pelembab dan sunblock sangat baik untuk Anda.

7. Gunakan kacamata hitam

Meskipun Anda lebih banyak menggunakan kacamata hitam karena menambah penampilan Anda, kacamata hitam adalah kebutuhan dasar pada musim panas. Anda tentu tidak ingin ada keriput yang muncul akibat seringnya menyipitkan mata. Lindungi mata Anda dengan kacamata UV 100%. Gunakan pula topi untuk melindungi kulit Anda.

8. Batasi tubuh terkena cahaya matahari

Jika memungkinkan, tetaplah berada di dalam ruangan. Jika Anda harus ke luar ruangan, lindungi kulit Anda dari cahaya di siang hari yang dapat berbahaya bagi kulit Anda. Ingatlah, pukul 12 siang hingga 4 sore adalah sinar matahari terburuk untuk Anda.

9. Kenakan masker

Debu yang ada di jalan pada musim panas sangat berbahaya dan dapat menyebabkan infeksi pada tenggorokan, radang paru-paru, radang tenggorokan. Gunakan masker atau scarf untuk menutupi mulut dan hidung Anda. Hindari mengonsumsi minuman dingin sesaat setelah Anda keluar ruangan. Perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba dapat berpengaruh pada tenggorokan dan pita suara Anda.

10. Mandi teratur

Tidak ada yang paling menyegarkan dibandingkan mandi dengan air dingin di musim panas. Anda juga dapat menggunakan pembersih wajah yang mengandung mint atau ekstak teh yang dapat menenangkan dan menyegarkan Anda. Namun, pastikan untuk tidak berdiri di depan pendingin setelahnya.







Sumber : vivanews.com