Astronom Temukan Planet Raksasa Tanpa Bintang


MAJALAHASIK.COM - Para astronom berhasil menemukan planet raksasa yang tak memiliki bintang induk. Temuan ini memberi pandangan baru mengenai planet. Seperti apa? Terdapat dua tim melakukan studi planet menggunakan gravitasi tingkat mikro guna menganalisa 10 juta bintang di Bima Sakti. Selama pencarian dua tahun, ditemukan 10 planet raksasa seukuran Yupiter di bintang terdekat.

Beberapa di antaranya mengambang bebas di galaksi Bima Sakti dan tak memiliki bintang induk. Seperti diketahui, teori planet menyebutkan, planet terbentuk dari debu dan gas bintang.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Nature ini memberi pandangan baru mengenai pengetahuan tentang planet. Sejak pencarian pertama pada 1995, kini ditemukan lebih dari 500 planet tanpa bintang. Uniknya, temuan ini menjadi temuan pertama planet tanpa bintang berukuran raksasa.

Jurnal Nature menyebutkan, planet tanpa bintang ini merupakan planet yang jauh dari bintang induknya. Alhasil, planet-planet ini tak lagi dipengaruhi gravitasi bintang.