PM Singapura LeeHsien Loong

Gaji para pejabat tinggi Singapura, termasuk presiden dan perdana menteri, kemungkinan bakal turun. Ini menyusul pembentukan Komite Independen yang akan merancang penyesuaian gaji pejabat di negara-kota itu.

Siaran pers Kantor Perdana Menteri (PM) Singapura, Senin 23 Mei, mengatakan bahwa komite yang ditunjuk akan mengkaji dasar dan tingkatan gaji para pejabat tersebut. “Hal ini bertujuan untuk memastikan terciptanya pemerintahan yang kompeten dan jujur,” tulis penyataan tersebut. Majalah The Economist terbitan Juli 2010 yang bertajuk “Leaders of the Fee World” melaporkan, gaji perdana menteri Singapura sebesar US$2,18 juta atau sekitar Rp18,8 miliar per tahun.

Gaji sejumlah itu tertinggi di dunia. Bahkan bila dibandingkan dengan pemimpin Amerika Serikat dan Hong Kong, gaji PM Singapura bisa dua kali lipat. Gaji para pemimpin negeri ini masing-masing hanya US$400 ribu atau Rp3,4 miliar untuk presiden AS, dan US$513 ribu (Rp4,4 miliar) untuk pemimpin Hong Kong.

Gaji PM Singapura mencapai 41 kali lipat pendapatan per kapita negeri itu. Gaji ini hanya bisa dilewati pemimpin Kenya yang rasionya 240 kali dari pendapatan per kapita negaranya. Namun, secara nominal gaji pemimpin Kenya masih di bawah Singapura, yaitu US$428 ribu (Rp3,7 miliar) per tahun.Jumlah gaji PM Singapura itu jauh di atas gaji Presiden Indonesia, Tapi jika dilihat rasionya terhadap pendapatan perkapita rakyatnya, gaji Presiden Indonesia sedikit di bawah Singapura.

Menurut The Economist, gaji Presiden RI US$124 ribu (Rp1,1 miliar) atau 28 kali dari pendapatan per kapita. Associated Press menaksir, gaji PM Singapura Lee Hsien Loong saat ini lebih dari 3 juta dolar Singapura atau sekitar Rp20,6 miliar per tahun. Gaji menteri muda saja di Singapura bisa mencapai 2 juta dolar Singapura atau Rp13,7 juta per tahun.
Berikut data “Leaders of the Fee World” dari The Economist terbitan Juli 2010:







Sumber : • VIVAnews.com