Tips Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Bersih


Beritamandiri - Tips Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Bersih, Memiliki kuku yang panjang, bersih dan berkilau memang menjadi dambaan setiap wanita. Karakter kuku tersebut bisa dibilang sebagai kuku yang sehat.

Pertumbuhan kuku sangat cepat, kira-kira 3 mm setiap bulan. Agar kuku tetap terawat dan tidak patah, jangan lupa untuk selalu merawatnya. Berikut tips merawat kuku yang benar, seperti dilansir dari TypeF.

1. Perawatan yang lembut
Kuku mungkin terlihat memiliki struktur yang kuat. Contohnya saja, bisa disambung dan dicat berulang-ulang. Namun kuku juga butuh perawatan, sama seperti kulit Anda. Jika ingin pertumbuhan kuku tidak terhambat, salah satu cara terbaik adalah dengan rajin mencuci dan mengeringkan kuku. Dengan membasahi kuku, maka akan membuatnya lembab. Jangan lupa juga, setelah kuku dan tanga kering, gunakan lotion tangan yang mengandung lanolin untuk memberikan kelembaban ekstra.

2. Menikur
Rajin menikur dapat mencegah keretakan pada kuku. Caranya dengan menghaluskan kuku dengan alat kikir dan bentuklah ujungnya ouval. Hindari menggunakan cat kuku terlalu sering, karena mengandung bahan kimia yang dapat merusak kuku. Hindari juga penggunaan aseton terlalu sering, kandungan alkoholnya dapat membuat kuku menjadi kering.

3. Ekstension kuku
Kuku yang pendek biasanya lebih sehat. Jika Anda ingin memanjangkan kuku sebaiknya lakukanlah ekstension kuku. Hal ini tidak berbahaya bagi pertumbuhan kuku yang sudah ada, tetapi rentan terhadap infeksi jamur. Jadi pastikan memilih tempat atau salon yang sudah memiliki lisensi, mereka biasanya mensterilkan peralatannya.

4. Mitos perawatan kuku yang salah
Tidak benar jika pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh kurangnya gizi, kecuali Anda menderita kekurangan gizi yang parah. Pastikan kebutuhan gizi Anda terpenuhi dengan mengonsumsi berbagai macam buah, sayuran, gandum, susu rendah lemak dan protein, seperti ikan unggas dan kacang.

4. Biotin
Biotin atau vitamin H, dapat membantu pertumbuhan kuku yang sehat. Tidak hanya itu, vitamin H juga bagus untuk pertumbuhan rambut yang kuat. Jika Anda sedang hamil, konsumsi 1 mg biotin dua atau tiga kali sehari. Efek mengonsumsi biotin akan terasa pada kuku setelah 6 bulan. Namun, menurut American College of Dermatology Osteopathic, lebih dari 30 persen orang berhasil mendapatkan kuku yang sehat karena mengonsumsi biotin. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Well, Itulah tips cara merawat kuku agar terlihat bersih, Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Anak Laki-laki Dengan Doggy Style