Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan - Anda mencari informasi seputar manfaat kunyit untuk kesehatan? Well, pada postinga kali ini beritamandiri akan sedikit memberikan informasi seputar manfaat kunyit untuk kesehatan yang mungkin bisa anda gunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Sebenarnya manfaat kunyit bisa anda gunakan dalam beberapa hal seperti yang akan kami posting pada postingan kali ini...

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Haid Tidak Lancar
Untuk mempelancar haid anda membutuhkan 2 rimpang kunyit, 2 sdt ketumbar, 1/2 sdt biji pala, dan 1/2 genggam daun sri gading. Bahan tsb ditumbuk halus. Masukkan kedalam panci, dan berilah 1 ltr air. Direbus sampai mendidih, saring dan hasil saringan dapat diminum satu gelas sehari.

Perawatan Kulit
Kunyit dapat dijadikan lulur untuk merawat tubuh. Sediakan kunyit yang sudah dikupas kulitnya dan cuci sampai bersih. Parut rimpang kunyit tsb,lalu campur dengan air. Biarkan mengendap dan ambil sari pati atau endapannya. Selain itu, sediakan pula pati beras, lalu campurkan pati kunyit dengan pati beras tadi. Selanjutnya oleskan keseluruh anggota badan secara merata. Ada baiknya saat menggunakan lulur ini adalah malam hari menjelang tidur dan esok paginya lulur dibersihkan ketika mandi.

Ketombe
Secara alami kunyit dapat dipakai untuk merawat rambut, khususnya supaya rambut bebas ketombe. Ketombe adalah sisik yang berasal dari bahan keratin berlemak yang keluar dari kulit kepala. Jika ketombe muncul, kulit kepala terasa sangat gatal. Untuk mengatasi ketombe ambil kunyit, kupas dan cuci bersih lalu tumbuk.Ambil sarinya dan gosokkan kekulit kepala sambil dipijit-pijit. Biarkan 3-5 jam hingga sari kunyit meresap. Setelah itu, cuci bersih rambut dan kulit kepala sampai bersih. Lakukan beberapa kali sampai ketombe hilang.

Jerawat
Rimpang kunyit sebesar ibu jari dicuci,dikupas lalu diiris-iris. Seduh dengan segelas air dan tambahkan 1 sdm gula pasir.Minum air seduhan kunyit tersebut dan barengi dengan makan tapai singkong.Lakukan setiap hari secara rutin hingga jerawat hilang. Baca juga Artikel Manfaat Pisang.

Berikut resep-resep obat herbal dengan bahan dasar kunyit :

Manfaat Kunyit Untuk Obat Diare
Bahan :
Kunyit 1 buah besar
Daun jambu biji 10 lembar (dipilih 4 lembar dari pucuk)
Lempuyang 1 jari tangan

Cara membuat :
Semua bahan dicuci sampai bersih, lalu diiris-iris tipis. Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas.

Aturan minum :
Dewasa : 1/3 gelas
Anak usia 7-12 tahun : 3 kali sehari 5 sendok makan
Anak usia 4-6 tahun : 3 kali sehari 2 sendok makan
Anak usia 1-3 tahun : 3 kali sehari 1,5 sendok makan
Bayi usia 1,5-6 bulan : 3 kali sehari 1 sendok teh
Bayi usia 7-11 bulan : 3 kali sehari 2 sendok teh

Manfaat Kunyit Untuk Obat Cacingan
Bahan :
Kunyit 10 gram
Mengkudu 1 buah
Gula aren

Cara membuat :
Buah mengkudu yang sudah masak dibersihkan lalu ditumbuk halus. Campur dengan parutan kunyit. Seduh dengan 1 gelas air hangat masukan gula aren. Diminum 2 kali sehari.

Bronkitis
Bahan :
Kunyit 10 gram
Daun patikan kebo 10 gram
Madu

Cara membuat :
Rebus daun patikan kebo dan irisan rimpang kunyit dalam 2 gelas air. Tunggu hingga tersisa 1 gelas. Angkat dinginkan saring lalu tambahakan madu. Diminum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.


Nah, itulah beberapa informasi tentang Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dari beritamandiri (Berita Terbaru Indonesia). Semoga informasi tersebut bermanfaat buat anda yang membacanya.